Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

By | September 19, 2016

Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia >>Info penting bagi anda !!! Inilah fungsi ginjal yang ada pada manusia sebagai sistem ekskresi

Selamat datang di situs Obat Herbal Ginjal Bocor, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seberapa pentingnya fungsi ginjal untuk manusia.

Ginjal itu apa sih ?

Ginjal ialah organ eksresi yang memiliki bentuk hampir mirip dengan kacang. Organ yang satu ini termasuk organ yang penting sehingga wajib menjaga kesehatannya.

Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

Ginjal memiliki panjang 10cm -13 cm dan lebarnya sekitar 5-7,5

Ginjal ini terletak di sebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam rongga perut. Tepatnya ginjal berada di bawah diafragma dan belakang peritonium di bawah hati di sisi kanan dan di bawah limpa sisi kiri.

Perlu anda ketahui juga bahwa letak ginjal kiri lebih tinggi dari ginjal kanan karena diatas ginjal kanan ada organ hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia  РAdapun stuktur ginjal dari bagian luar ke dalam ginjal ini terdiri dari tiga lapisan yaitu korteks renalis ( korteks ), medula renalis ( medula ) dan pelvis renalis.

Korteks atau kulit ginjal bagian luar. Sedangkan bagian dalamnya disebut dengan medula atau sumsusm ginjal. Dan pelpis ialah bagian ginjal yang berupa ruang kosong.

Belum tahu fungsi ginjal itu untuk apa ?

Mungkin anda termasuk orang yang menyepelekan kesehatan ginjal karena tidak tahu fungsinya. Perlu di garis bawahi bahwa fungsi ginjal ini sangat penting

Inilah beberapa fungsi ginjal

Yang paling utama menjadi fungsi dari ginjal ini adalah untuk menyaring darah yang ada di tubuh dan juga mengeluarkan sisa sisa zat cairan yang berlebihan.

Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia  РTugas lainya dari ginjal ini adalah untuk meninggalkan garam dan juga mineral dalam darah sesuai dengan jumlah pas sesuai dengan kebutuhan.

Jumlah garam dan jumlah mineral yang berlebihan di tubuh akan di saring dari darah dengan bentuk cairan yang disebut dengan urin.

  • Menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air
  • Membuang sisa metabolisme contohnya urea, asam urat, kreatinin, kreatin, dan zat lainya yang memiliki sipat racun
  • Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat zat kimia yang masih berguna untuk tubuh seperti natrium, fosfor dan kalium dan juga mengembalikan saluran peredaran darah.
  • Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur eksresi garam garam yaitu membuang garam yang berlebihan dan menahan garam apabila jumlahnya berkurang
  • Menjaga asam basa cairan darah dengan mengatur pH plasma darah dan cairan tubuh dengan mengeksresikan urin yang bersipat basa
  • Menghasilkan zat zat
    Eritropoietin yang merangsang sumsum tulang, membuat sel sel darah merah
    Kalsitriol yang merupakan bentuk aktif vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesimbangan kimia dalam tubuh.

Bila diatas termasuk fungsi utama dari organ ginjal, maka ini adalah beberapa fungsi ginjal sebagai alat eksresi

Sebagai alat eksresi ginjal memiliki fungsi untuk :

Membersihkan atau menyaring darah. Organ ginjal ini memiliki fungsi untuk menyaring darah ada di tubuh. Bila darah yang ada di dalam tubuh tidak melalui proses penyaringan maka bisa menyebabkan kematian.

Diperlu anda ketahui bahwa racun yang ada di tubuh tidak akan tersaring jika darah dalam tubuh tersebut tidak disaring oleh ginjal.

Mengatur volum darah. Fungsi lainya ginjal sebagai alat ekresi adalah untuk mengatur volum darah. Cairan yang ada di dalam tubuh telah di atur jumlah oleh darah contohnya cairan tubuh yang larut maka dari itu volum darah pada tubuh harus tetap seimbang jumlahnya dengan volum cairan larut dalam tubuh bila tidak terjadi keseimbangan maka tubuh bisa menjadi kering. (sumber google )

Itulah beberapa fungsi ginjal yang ternyata sangat pentinga, jadi sudah seharunya anda menjaga kesehatan ginjal anda jangan biarkan penyakit menyerang organ penting yang satu ini. Salah satu penyakit yang bisa menyerang adalah ginjal bocor

Artikel lainya :

3 thoughts on “Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

  1. Pingback: Macam Macam Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

  2. Pingback: Manfaat Putih Telur Untuk Ginjal Bocor

  3. Pingback: Komplikasi Ginjal Bocor Harus Diwaspadai Oleh Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *